05 Mei 2009

Rumput Laut



Rumput laut atau disebut juga seaweed adalah salah satu sumber daya hayati yang terdapat di wilayah pesisir dan laut. Sumberdaya ini biasanya dapat ditemui di perairan yang berasosiasi dengan keberadaan ekosistem terumbu karang. mput laut alam biasanya dapat hidup di atas substrat pasir dan karang mati.

Rumput laut adalah istilah sehari-sehari yang digunakan untuk menyebut ganggang laut yang makroskopis dan multiseluler. Istilah ini juga mencakup ganggang laut yang berwarna merah, coklat, dan juga hijau.

Rumput laut dapat digunakan sebagai makanan, obat-obatan, pupuk, dan juga bahan industri.

Persebaran

Rumput laut di Indonesia dapat ditemui di sekitar pantai Santolo dan Sayang Heulang di Kabupaten Garut atau di daerah Ujung Kulon Kabupaten Pandeglang dan juga di pesisir barat Provinsi Lampung sampai pesisir Sumatera Utara dan Nanggroe Aceh Darussalam.




Selain hidup bebas di alam, beberapa jenis rumput laut juga banyak dibudidayak
an oleh sebagian masyarakat pesisir Indonesia. Contoh jenis rumput laut yang banyak dibudidayakan diantaranya adalah Euchema cottonii dan Gracelaria sp.

Beberapa daerah dan pulau di Indonesia yang masyarakat pesisirnya banyak melakukan usaha budidaya rumput laut ini diantaranya berada di wilayah pesisir Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, Provinsi Kepulauan Riau, Pulau Lombok, Sulawesi, Maluku dan Papua.

Persebaran rumput laut dunia




Budidaya rumput laut di Lembongan, Bali, Indonesia (atas dan bawah)


dikutip dengan perubahan dari Wikipedia

gambar dari hasil pencarian di Google Images

Tidak ada komentar:

Words

Words
You won't know how suck life is until you go deep within it.