05 Mei 2009

Padang Lamun






Lamun atau disebut juga seagrass adalah adalah tanaman-tanaman berbunga yang merupakan anggota-anggota dari empat tanaman keluarga (Posidoniaceae, Zosteraceae, Hydrocharitaceae, atau Cymodoceaceae) yang tumbuh di laut, di lingkungan yang sangat asin.

Tanaman-tanaman ini disebut sebagai "sea grass" karena daunnya yang panjang, sempit, dan sangat hijau, dan tumbuh biasanya di "padang rumput" yang sangat luas, namun di dalam laut.

Karena lamun harus berfotosintesis, mereka jarang tumbuh selain di zona laut yang masih terkena cahaya. Mereka tumbuh di tempat dangkal ataupun pesisir berlumpur. Mereka mengalami penyerbukan sambil tenggelam dan menyelesaikan seluruh siklus hidup di dalam laut.

Ada sekitar enam puluh spesies lamun di seluruh dunia.



Budidaya lamun di Indonesia


Lamun membuat dan mengatur sendiri sebagian habitat mereka. Daun mereka memperlambat arus laut yang mempercepat sedimentasi, dan akar mereka menstabilkan dasar laut.

Karena itulah, lamun memberikan barang dan jasa yang sangat berharga bagi ekosistemnya. Misalnya untuk tempat berkumpulnya ikan-ikan, penahan gelombang laut, produsen oksigen, dan pencegah erosi pantai.




Padang lamun menjadi salah satu ekosistem yang sangat penting di laut. Lamun juga merupakan bagian terpenting dari rantai makanan di laut. Ratusan spesies, termasuk dugong, manati, ikan-ikan, angsa, soang, babi laut, dan kepiting, menjadikan lamun sebagai makanannya.



Siklus hidup lamun

dikutip dengan perubahan dari Wikipedia

gambar dari hasil pencarian di Google Images

Tidak ada komentar:

Words

Words
You won't know how suck life is until you go deep within it.