03 Mei 2009

Bakau




Hutan bakau atau disebut juga hutan mangrove adalah hutan yang tumbuh di atas rawa-rawa berair payau yang terletak pada garis pantai dan dipengaruhi oleh pasang-surut air laut. Hutan ini tumbuh khususnya di tempat-tempat di mana terjadi pelumpuran dan akumulasi bahan organik. Baik di teluk-teluk yang terlindung dari gempuran ombak, maupun di sekitar muara sungai di mana air melambat dan mengendapkan lumpur yang dibawanya dari hulu.

Ekosistem hutan bakau bersifat khas, baik karena adanya pelumpuran tadi --yang mengakibatkan kurangnya aerasi tanah; salinitas tanahnya yang tinggi; serta mengalami daur penggenangan oleh pasang-surut air laut. Hanya sedikit jenis tumbuhan yang bertahan hidup di tempat semacam ini, dan jenis-jenis ini kebanyakan bersifat khas hutan bakau karena telah melewati proses adaptasi dan evolusi.

Persebaran

Hutan-hutan bakau menyebar luas di bagian yang cukup panas di dunia, terutama di sekeliling khatulistiwa di wilayah tropika dan sedikit di subtropika.

Luas hutan bakau Indonesia antara 2,5 hingga 4,5 juta hektar, merupakan mangrove yang terluas di dunia. Melebihi Brazil (1,3 juta ha), Nigeria (1,1 juta ha) dan Australia (0,97 ha) (Spalding dkk, 1997 dalam Noor dkk, 1999).

Di Indonesia, hutan-hutan mangrove yang luas terdapat di seputar Dangkalan Sunda yang relatif tenang dan merupakan tempat bermuara sungai-sungai besar. Yakni di pantai timur Sumatera, dan pantai barat serta selatan Kalimantan. Di pantai utara Jawa, hutan-hutan ini telah lama terkikis oleh kebutuhan penduduknya terhadap lahan.

Di bagian timur Indonesia, di tepi Dangkalan Sahul, hutan-hutan mangrove yang masih baik terdapat di pantai barat daya Papua, terutama di sekitar Teluk Bintuni. Mangrove di Papua mencapai luas 1,3 juta ha, sekitar sepertiga dari luas hutan bakau Indonesia.


Peta persebaran bakau di dunia. Dari peta di atas dilihat Indonesia memiliki jumlah bakau terbanyak.

Jenis Bakau

Menurut Tomlinson (1986) jenis tanaman bakau dapat dibagi ke dalam lima keluarga dengan genus yang berbeda-beda di setiapnya.

  • Acanthaceae, Avicenniaceae atau Verbenaceae (black mangrove)
Avicennia adalah sebuah genus pohon bakau. Jenis ini muncul di daerah muara, dan memiliki akar napas. Jenis-jenis avicennia banyak terdapat di sebelah selatan Garis Balik Utara. Avicennia dalam bahasa Indonesia disebut juga api-api.


  • Combretaceae (white mangrove)
Combretaceae adalah suatu keluarga dari tanaman berbunga. Keluarga ini mencakup sekitar 600 jenis pohon, shrubs, dan liana dalam 20 genera. Keluarga ini meliputi pohon Leadwood, Combretum imberbe. Tiga genera, yaitu Conocarpus, Laguncularia dan Lumnitzera, tumbuh di habitat mangrove. Combretaceae tersebar luas di daerah subtropis dan tropis. Beberapa anggota keluarga ini berguna konstruksi kayu, seperti idigbo dari Terminalia ivorensis.




  • Arecaceae (mangrove palm)
Palm atau Palmae atau Panamea (juga dikenal dengan nama umum pohon palem), merupakan anggota dari keluarga tanaman monokotil, Arecales. Ada sekitar 202 jenis yang saat ini diketahui sekitar 2600 spesies, yang sebagian besar berada di tropis, subtropis dan iklim sedang dan hangat. Pohon palem diketahui cirinya dari ukurannya yang besar, kompleks, dan daun-daun hijau yang terdapat di ujung batang yang tidak bercabang. Namun, banyak pohon palem yang tidak memenuhi karakteristik di atas. Selain beragam secara morfologi, pohon kelapa juga mendiami hampir setiap habitat selain di pantai, dari hutan hujan sampai gurun.



  • Rhizoporaceae (red mangrove)
Rhizophoraceae merupakan sebuauh keluarga bakau yang terdiri dari tanaman-tanaman berbunga daerah tropis dan subtropis. Pohon bakau merupakan anggota yang paling terkenal, dari genus Rhizophora. Terdapat sekitar 120 spesies tersebar dalam 16 genera, kebanyakan di Asia dan Afrika.


  • Lythraceae (mangrove apple)
Lythraceae adalah sebuah keluarga tanaman yang terdiri tanaman berbunga. Keluarga ini beranggotakan 500-600 spesies kebanyakan jenis tumbuhan, dengan pohon dan beberapa shrubs, dalam 32 genera. Lythraceae memiliki persebaran di seluruh dunia, dengan sebagian besar spesies di daerah tropis tetapi di daerah beriklim sedang juga. Tanaman delima juga termasuk keluarga ini.


dikutip dengan perubahan dari Wikipedia

gambar dari hasil pencarian di Google Images

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Thank you buat artikelnya.

Words

Words
You won't know how suck life is until you go deep within it.